1.25.2009

Sekilas mengenai hardware jaringan

Yup, disini saya akan coba jelaskan sedikit gambaran mengenai fungsi dari hardware jaringan yang telah di request. Yakni Router, Switch dan Hub. Langsung aja ke bahasannya ...

Router : Router, digunakan untuk menyambung 2 jaringan yang berbeda. Sebagai contohnya, untuk menyambungkan antara LAN dengan Internet diperlukan adanya router sebagai jembatan dari 2 jaringan tersebut.

Kedudukan router biasanya diletakkan sesudah modem, kira-kira gambarannya adalah seperti ini.




Router yang digambarkan diatas berfungsi sebagai gateway, sekaligus firewall.

Gateway
: Gerbang penantian menuju internet. Masing-masing client/workstation
dalam jaringan melewati gateway terlebih dahulu untuk menuju internet. Bisa digambarkan seperti ini :



Firewall : Biasanya dipasang diantara internet dan router. Firewall berfungsi sebagai tembok keamanan untuk jaringan dalam [ LAN ]. Didalamnya biasanya terdapat fasilitas, firewall, logging, snort. etc.

Switch : Biasanya switch banyak digunakan untuk jaringan LAN topologi star.

Dan switch ini digunakan sebagai repeater/penguat. Berfungsi untuk menghubungkan kabel-kabel UTP ( Kategori 5/5e ) komputer yang satu dengan komputer yang lain. Dalam switch biasanya terdapat routing, routing sendiri berfungsi untuk batu loncat untuk melakukan koneksi dengan komputer lain dalam LAN.
Gambarannya adalah seperti ini :



Hub : sama seperti swicth tetapi cara kerjanya berbeda, kalau swicth cara kerjanya dengan dua saluran dan dua transmi data dengan kata lain bila komputer 1 ingin mengirim data tidak harus menunggu bila ada komputer lain yang sedang mengirimkan data. kalau hub haruslah menunggu saat ada komputer lain yang mengirimkan data
lalu setelah pengiriman data komputer lain selesai maka data yang kita kirim akan menuju empat tujuan.

Untuk sementara segitu dulu aja penjelasannya yah ... heheuhuehue ... silahkan request lagi.

0 komentar:

Posting Komentar

 

©2009 my blog | by TNB