4.21.2009

membuat sebuah aplikasi di macromedia flash


pada kesempatan kali ini saya akan memberikan artikel mengenai cara pembuatan sebuah aplikasi peminjaman di sebuah LAB. komputer. pada saat itukan saya telah memberikan sebuah artikel mengenai pembuatan game tapi sekarang kita akan buat sebuah aplikasi peminjaman di sebuah LAB.komputer. dalam hal ini kita masih tetap akan memakai aplikasi macromedia flash.
kita langsung saja yah,
pertama mungkin kita buat background untuk tampilan log in, mungkin unutuk backgroundnya sendiri itu terserah anda sendiri yang membuatnya. berikan sebuah script yaitu stop().buatlah 2 buah kata yaitu username dan password atur posisi kat-kata tersebut. setela itu buat 2 buah input text disebelahnya (harus sejajar), berikan nama variable unutuk kedua input text tersebut, contoh kita berikan input text tersebut username dan password. pada input text password ganti huruf yang nantinya akan tertera menjadi password. lalu buat sebuah button dengan diberikan sebuah script, contoh :
on (reallease) {
if (eq username "yanuar")
if (eq password "yanuar")
gotoAndStop (2)
And else
gotoAndPlay (3)
}
setelah itu buat sebuah frame untuk nantinya kita buat sebagai layar peminjaman. berikan sebuah script pada frane tersebut yaitu stop(). disana kita beri text-text yaitu contoh monitor, keyboard, mouse, CPU, Dll.
sepeti biasa kita berikan input text disebelah text-text tersebut. setelah itu kita buat 2 buah button, yang satu unutuk log out dan yang satu laginya kita gunakan untuk dapat mengeprint layar tersebut. untuk pembuatan button saya sudah bahas dalam artikel saya yang sebelumnya, jadi unutuk sekarang saya tidak akan membahas mengenai pembuatan button. kita kembali lagi pada artikel yang kita bahas ini, untuk button log out kita beri namanya log out saja (ini adalah contoh) tapi kalau anda ingin yang lain ya terserah anda saya hanya memberikan sebuah contoh saja ok. setelah itu berikan sebuah script yaitu:
on (rellease) {
gotoAndPlay (1)
}
untuk button yang satunya lagi kita berikan nama print, lalu berikan sebuah script, untuk scriptnya sendiri yaitu :
on (reallease) {
print ("movieclip",bmovie")
}
mungkin sekian dulu dari saya thank's udah mau baca artikel saya.
oh iya untuk yang mau download contoh aplikasinya disini

2 komentar:

Agung 567 mengatakan...

Maaf sedikit masukan, dalam enjelaskan lebih bagusnya di berikan gambar! dan juga aplikasi apa yang bisa di gunakan, lalu ada ling supaya bisa di donwload

Unknown mengatakan...

bang scrif yg untuk button pertama itu gak bisa

Posting Komentar

 

©2009 my blog | by TNB